Friday 9 January 2015

Musik Keren: Clazziquai

Saya bukan penggemar lagu-lagu nge-beat atau musik electro, tapi Clazziquai adalah pengecualian. Yang saya tahu pertama kali dari Clazziquai adalah Alex. Waktu itu dengar Alex nggak sengaja  dari ngopi lagu  di warnet. Judulnya "Do soon eh," soundtrack-nya drama Korea "Que Sera Sera." Lagunya enak dan suara Alex juga keren banget. Saya kemudian tahu kalau Alex itu vokalis-nya Clazziquai, sebuah band beraliran acid jazz-elektronika Korea. Mereka mulai populer setelah ngisi ost-nya salah satu drama Korea yang cukup nge-hits, "My Name Is Kim Sam-soon" dengan lagunya "She Is" dan " Be My Love." yang memang enak didengar.  Penasaran, saya ngulik-ngulik di internet dan berhasil menemukan lagu-lagu mereka yang lain dan yeah, I'm fallin love with their music :)
Clazziquai

Clazziquai sendiri beranggotakan 3 orang: DJ Clazzi, Alex dan Horan. 
 DJ Clazzi bisa dibilang dedengkotnya band ini. Lahir 15 November 1974, dia punya nama lengkap Kim Sung-hoon, yang besar di Kanda. Dia tamatan dari Capilano College sebelum kemudian ngelanjutin belajar di CDIS (Center for Digital Image). Dia penggemar avid jazz dan biasa main piano untuk band beraliran jazz. Konon dia sempat kerja sebagai web designer, dan suka upload musiknya di internet. Dari sinilah kemudian muncul Clazziquai Project. Pakai istilah ‘project’ katanya karena ini merupakan semacam kerjasama yang bersifat sementara buat ngerjain suatu proyek musik. Meski begitu, konon anggota Clazziquai, karena ini kerjasama dalam menciptakan musik, mereka akan tetap eksis (buktinya mereka masih eksis hingga sekarang).
Alex yang nggak cuma populer sebagai penyanyi tapi juga merambah dunia akting


Anggota yang lain, yang paling beken, Alex Chu yang punya nama Korea Chu Hun-gon. Dia lahir 2 September 1979 (we born under the same sign :) ). Ia juga besar di Kanada. Lalu setelah besar balik ke Korea dan mulai bermusik. Punya modal Bahasa Inggris yang bagus, membuatnya fasih menyanyi, selain lagu-lagu Bahasa Korea juga Bahasa Inggris (dengan logat yang pas, nggak seperti kebanyakan penyanyi Korea yang logatnya kadang terdengar aneh :)).

Horan

Horan (Choi Horan) adalah vokalis cewek-nya Clazziquai. Dia menggantikan, Christina Chu, kakaknya Alex yang awalnya jadi lead vocal-nya Clazziquai. Nama aslinya Choi Su-jin, lahir tanggal 5 Juli 1979. Sama kayak Alex, Suaranya Horan ini juga keren dan memang pas banget kalau duet sama Alex.

Karena memang bersifat "project" Clazziquai memang tidak mengikat. Masing-masing anggotanya bebas bermusik di luar Clazziquai dan berkolaborasi dengan musikus siapapun. Pada tahun 2011, misalnya, DJ Clazzi sempat mengeluarkan digital single-nya dan menjadi produser musik untuk penyanyi Jepang, Izawa Asami.

Alex juga sempat bikin dua solo album dan beberapa single (meski saya lebih suka kalau dia bawain lagu-lagu bareng Clazziquai). Belakangan, didukung wajahnya  yang memang lumayan, dia juga mulai menjajal dunia akting  di beberapa drama Korea seperti  Finding Love , Pasta, Smile Dong Hae, Hotel King, She's so Lovable dan juga reality show  yang populer banget  "We've Got Married" (tapi menurut saya Alex tetep jauh lebih keren kalau lagi nyanyi. suaranya benar-benar TOP!).

Clazziquai, moga tetap eksis!

Pun dengan demikian dengan Horan. . Selain nyanyi di Clazziquai, Horan juga nyanyi untuk band-nya yang lain yang juga bergenre indie: Ibadi (band beraliran soul-acoustic. saya belum sempat dengar lagu-lagunya disana). Setahu saya, dia juga nyanyi solo, salah satu lagunya yang menurut saya enak banget adalah "Booranhan Sarang (Uncertain Love)" yang jadi ost-nya drama seri Korea "City Hall".

Di luar Clazziquai, Alex dan Horan ini sering duet dan tidak hanya membawakan lagu-lagunya DJ Clazzi, dan karenanya, nggak selalu bisa disebut Clazziquai meski Clazziquai identik dengan mereka berdua.

Whatever, saya pikir Clazziquai is one of Korean best music group dan semoga kerjasama mereka akan terus eksis dan selalu menghasilkan karya-karya yang qualified :)

Clazziquai Albums:instant pig (2004), color your soul (2005), LOVE CHILD of the CENTURY (2007), METROTRONICS (Special Album) (2008), MUCHO PUNK (2009), Blessed (2013), Blink (2014)


Favourite track:
I Will Give You Everything, Color Your Soul, Gentle Giant, Lazy Sunday Morning, Beautiful Stranger, Dateline, Flea, Speechless, You, Being Alone, Romeo & Juliet, Novabossa, I Will Never Cry, Gentle Rain, Madly

Sumber: wikipedia.org, generasia.com, koreanindie.com)

1 comment: